Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Cara Mengatasi Error 404 Not Found

Pernahkah Anda bertanya kenapa Anda mengalami halaman error 404 Not Found? Apa sebenarnya penyebabnya? Halaman tersebut hilang atau rusak dan hal itu jelas-jelas membuat pengunjung menjadi tidak nyaman. Kenapa tidak mengarahka saja pengunjung ke halama beranda situs web Anda? Pasti Anda pernah bertanya seperti itu bukan?

Kesalahan yang Anda lakukan pada dasarnya terletak pada ketika Anda membawa orang di jalur yang tidak mereka pilih sendiri. Jika saya ingin pergi ke Paris, mengapa mengirim saya ke London? Jika pengunjung ingin menemukan halaman tertentu di situs web Anda, bawa mereka ke halaman itu atau kalau tidak bisa, berikan alasannya kepada mereka.

Apa itu Error 404 Not Found

Error 404 not found berarti bahwa URL yang diminta tidak mengarah ke halaman tertentu. Atau seperti yang ditulis Wikipedia:

“Pesan kesalahan 404 atau Tidak Ditemukan adalah kode respons standar HTTP yang menunjukkan bahwa klien dapat berkomunikasi dengan server yang diberikan, tetapi server tidak dapat menemukan apa yang diminta.”

Halaman mungkin telah dihapus, atau URL salah eja. Struktur permalink mungkin telah berubah atau bahkan nama domain, dan pengalihan bisa saja salah. Tidak masalah mengapa halaman itu tidak ada lagi. Hanya perlu diingat bahwa itu mungkin kesalahan Anda dan bukan kesalahan pengunjung, dan menulis konten untuk halaman 404 Tidak Ditemukan berdasarkan asumsi itu. Awasi 404 Anda, yang dapat dilakukan dengan menggunakan, misalnya, Google Search Console atau Screaming Frog.

Perhatikan bahwa jika Anda memiliki beberapa halaman yang harus turun sementara, penggunaan Layanan 503 yang Tidak Tersedia tentu saja akan lebih baik daripada melayani Error 404 not found.

Baca juga : Kiat Menarik Pengunjung Secara Visual

Elemen yang diperlukan dari Error 404 not found

Di internet sangat banyak orang yang pernah mengalami error 404 not found ini termasuk saya. Maka dari itu tentu banyak pendapat yang berbeda-beda mengenai hal ini.

Pertama, saya benar-benar tidak berpikir 404 harus menjadi pengalihan ke halaman lain mana pun. Dalam artikel 404 Halaman Praktik Terbaik, SearchEngineWatch juga mengatakan bahwa hal inii bukan solusi yang paling ramah pengunjung. Ada beberapa plugin yang secara semi-cerdas menautkan pengunjung ke halaman ‘terkait erat’.

Ini mungkin tampak cerdas, karena itu akan memberikan pengunjung informasi yang mereka inginkan. Tapi mungkin tidak sepenuhnya. Pengunjung mungkin masih merasa ditinggalkan sendirian di situs web Anda dan mengklik kembali ke Google.

Itulah alasan kenapa saya tidak suka pengalihan ke beranda. Kami menguji 404s di SEO Care kami dan ketika kami diarahkan ke beranda, kami akan selalu menambahkan bab tentang membuat halaman 404 Tidak Ditemukan yang bagus, dengan link ke artikel ini.

Pengunjung itu mengharapkan penjelasan tentang mengapa Anda merusak situs web Anda. Baik, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hal itu.

Ada beberapa alasan mengapa halaman itu rusak. Anda mungkin telah mengubah struktur permalink. Jika Anda baru saja melakukannya, mungkin Anda ingin tahu apa yang dilakukan pengunjung untuk mendapatkan 404 Tidak Ditemukan. Tanyakan saja padanya.

Anda juga bisa menghapus halaman, karena banyak negara 404-an: “Halaman hilang”. Tidak. Halaman itu tidak pergi ke mana pun kecuali di tempat sampah Anda. “Kami mungkin telah menghapus atau memindahkan halaman ini” adalah deskripsi yang lebih cocok.

Itu juga berarti halaman tersebut masih ada di tempat lain. Mengapa tidak mengarahkan pengunjung ke formulir pencarian? Untungnya ini adalah praktik yang cukup umum. Apa yang saya juga suka, terutama di toko online, adalah buku terlaris atau produk yang baru-baru ini dikunjungi. Usahakan pengunjung itu berbelanja. Di blog, itu berarti menampilkan artikel populer atau posting terbaru. Halaman 404 seharusnya tidak membuat pengunjung merasa bahwa halaman tersebut adalah halaman terakhir atau jalan buntu bagi mereka.

Menurut Anda Mengapa Error 404 not found Tidak Ditemukan Adalah Sesuatu yang Hebat? Atau mungkin Anda memiliki beberapa contoh bagus, baik atau buruk. Kami senang melihatnya, jadi silakan taruh link di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat