Internal Link Untuk Seo Sangat Penting, Bagaimana Dan Mengapa ?

Internal Link Untuk Seo Sangat Penting, Bagaimana Dan Mengapa ?

internal link

Sebelum konten Anda dioptimasi agar mendapatkan ranking terbaik, Maka Anda perlu menyiapkan strategi link. Google menemukan pos atau sebuah halaman dan dianggap paling baik ketika halaman tersebut ditautkan dari suatu web. Demikian juga dengan internal link. Internal link menghubungkan konten ke konten dan memberi Google pengertian tentang struktur situs web Anda. Google dapat memahami struktur website Anda melalui link dalam web Anda,Oleh karena itu ada baiknya Anda membangun internal link dengan menautkan beberapa halaman ke halaman yang Anda nilai bahwa halaman ini sangat penting. Jadi, dengan menstrategikan internal link pada website Anda maka itu akan meningkatkan kualitas seo web Anda.

Mengapa Internal Link Sangat Penting Untuk Google ?

Google menggunakan link untuk mengetahui lalu menilai konten di situs Anda yang saling terkait kemudian menilai konten itu apakah relevan atau tidak.

Keterkaitan Antar Konten

Google merayapi situs web dengan mengikuti semua link,link internal dan eksternal,Google menggunakan bot yang disebut bot Google. ketika Bot ini tiba di beranda situs web Anda,Bot ini mulai merender halaman dan mengikuti link pertama. Dengan mengikuti link tersebut maka Google dapat mengetahui hubungan antara halaman ke halaman, posting, hingga konten lainnya. Dengan cara ini Google menemukan halaman mana di situs Anda yang mencakup hal paling relevan.

Dalam post ini misalnya,Anda melihat link yang saya arahkan ke “Belajar SEO” ” internal” dan “Struktur situs”. Saya berupaya untuk memastikan Google memahami bahwa konten pada halaman tersebut terkait dengan konten dalam postingan ini dengan menambahkan belajar seo karena memang pada dasarnya anda perlu memahami internal link sebagai salah satu bahan untuk belajar seo.

Nilai Link

Selain dapat memahami hubungan antara konten, Google juga dapat membagi nilai link antara semua link yang ada di halaman web. Seringkali, beranda situs web memiliki nilai link terbesar karena memiliki backlink terbanyak. Nilai link itu akan dibagikan di antara semua link yang ditemukan pada beranda.Link yang diteruskan ke halaman berikut akan dibagi lagi antara link yang ada dalam halaman itu, dan seterusnya.

Maka dari itu,posting blog terbaru Anda akan mendapatkan lebih banyak nilai link jika Anda menautkannya dari beranda, bukan hanya pada halaman kategori. Dan Google akan menemukan posting baru lebih cepat jika mereka ditautkan dari beranda.

Anda perlu memahami bahwa lebih banyak link ke postingan itu berarti lebih banyak penilaian untuk google. mengapa ? Sebab Google menganggap bahwa halaman yang mendapat banyak link berarti halaman itu berharga dan penting, Jika Anda mengerjakannya sekarang itu artinya Anda sedang meningkatkan peluang peringkat untuk halaman itu.

Siapkan Strategi Internal Link

Sangat penting bagi seo situs Anda untuk mengevaluasi dan meningkatkan strategi link internal secara teratur. Dengan menambahkan link internal yang tepat, Anda memastikan Google memahami:

  1. Relevansi halaman
  2. Hubungan antar halaman
  3. Dan nilai halaman.

1 ) Struktur SEO situs Anda

Saya menyarankan kepada Anda sebagai pemilik situs web untuk membayangkan situs web Anda layaknya piramida. Paling atas adalah beranda web Anda,dibawahnya kategori (mungkin subkategori di antaranya) lalu kemudian setiap postingan yang ada.

Selain link internal saya menyarankan Anda memahami juga struktur website lainnya agar kualitas seo Anda semakin baik.

2 ) Konten Seperti Apa Yang Penting ?

Anda harus menentukan mana konten Anda yang paling penting. Jika Anda tidak yakin, silakan baca artikel kami tentang Membuat Konten Berkualitas atau contoh membuat konten pilar. Pada artikel itu ada strategi seo untuk pembuatan konten dimana Anda ingin orang menemukan konten Anda ketika mereka mencari topik atau produk yang menjadi spesialisasi Anda.

Karena Anda ingin memberi tahu Google bahwa ini adalah konten Anda yang paling penting,Maka Anda perlu menambahkan banyak link ke dalamnya. Ada berbagai tempat dari mana Anda dapat menautkan ke konten Anda. Di sini, Saya coba memberikan opsi paling umum. Dari salinan pos Anda ke navigasi Anda dan jangan lupa Tambahkan link kontekstual

3 ) Tambahkan link kontekstual

Saat Anda telah membuat banyak artikel tentang topik tertentu, Anda harus menautkannya satu sama lain. Ini akan menavigasikan Google dan pengguna!

Anda perlu memberitahukan Bahwa artikel-artikel tersebut berhubungan secara topikal.

Anda dapat menautkan langsung dari kalimat pertama dalam postingan atau menambahkan link di akhir postingan yang Anda buat.

4 ) Tambahkan bagian posting terkait?

Ada banyak plugin dan widget yang menampilkan bagian tulisan terkait postingan Anda. Jika Anda menggunakannya, saya sarankan untuk menguji apakah posting terkait itu benar-benar posting terkait. Jika Anda tidak yakin, menautkannya ke posting secara manual mungkin yang terbaik.

5 ) Tambahkan tautan navigasi

Selain menautkan dari pos dan laman yang terkait secara topikal, dimungkinkan untuk membuat konten pilar agar lebih otoritatif dimana Anda menambahkan link ke dalamnya dari beranda atau navigasi menu menu di header. Anda harus melakukan ini dengan mengarahkan postingan dan halaman yang paling penting dari niche web Anda Anda.dengan memberikan tautan yang saling terkait maka hal ini membuat konten terserbut lebih kuat di mata Google.

6 ) Tambahkan Link taksonomi

Taksonomi, seperti kategori dan tag, membantu Anda mengatur situs Anda dan membantu pengguna dan Google untuk memahami tentang apa maksud dari konten Anda.

Jika Anda memiliki blog, akan sangat bermanfaat jika menambahkan tautan internal ke taksonomi yang menjadi posnya.

Menambahkan link ke kategori dan tag membantu Google memahami struktur blog Anda dan Anda menavigasi pengguna dengan baik untuk menuju ke posting terkait.

7 )Tambahkan tautan ke posting populer atau terbaru

Opsi terakhir adalah membuat tautan internal ke posting paling populer atau terbaru di situs web Anda. Lebih bagus posisinya buat bagian ini di sidebar atau footer situs web Anda agar muncul di semua halaman dan postingan.

Ketika nilai tautan beralih ke postingan terpopuler / terbaru dari berbagai halaman dan postingan ini, maka konten tersebut akan mendapatkan dorongan. Selain itu, postingan akan lebih mudah diakses oleh pengunjung, yang akan meningkatkan pageview dan kita semua tahu semakin banyak pageview akan semakin memberikan signal pada Google.

Mengenal Lebih Jauh Internal Link

Link Dengan Rel Nofollow

Anda mungkin memiliki link yang tidak penting untuk SEO di situs web Anda.Misalnya ketika Anda memiliki menu login yang ada pada beranda kemudian Anda tidak ingin memberikan nilai link ke halaman login tersebut maka halaman itu tidak perlu di optimasi agar mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Anda bisa bisa mencegah nilai buruk untuk tautan yang tidak penting dengan memberi mereka tag ‘jangan ikuti’. Tag ‘no-follow’ meminta Google untuk tidak mengikuti link tersebut.

Anda mungkin berpikir: “Saya mau agar google ‘tidak mengikuti’ link yang kurang penting ini dan hanya mau memberikan nilai lebih pada tautan yang lebih penting saja.”

Maka dari itu set menjadi nofollow link yang tidak penting. Jika dulu tag nofollow dapat bekerja, namun sekarang beda lagi. Google makin hari semakin pintar.

Jangan men set nofollow link pada semua halaman sebab hal ini hanya menjadikan setiap halaman dalam web Anda hilang kepercayaan ketika Anda menambahkan tag ‘jangan ikuti’  “Nofollow”

Perhatikan bahwa menambahkan tag ‘nofollow’ tidak berarti bahwa halaman target tersebut tidak dapat ditemukan di hasil pencarian Google.

Ia hanya diberikan maksud untuk tidak di ikuti..

Namun Jika Anda tidak ingin halaman atau postingan itu muncul di hasil pencarian, Maka Anda harus memberi mereka tag ‘no-index’ juga.

Tag ‘no index’ berarti Google tidak boleh merender halaman itu dan tidak boleh memberikan tempat pada hasil pencarian.

Anchor Text / Text Link

Setelah Anda memutuskan link mana yang harus di tautkan dalam halaman dan halaman mana yang harus mendapatkan nilai tautan, penting untuk menggunakan anchor text yang tepat.

Anchor text adalah teks yang dapat diklik yang dilihat pengunjung. .. Selengkapnya baca penjelasan lengkapnya pada penjelasan anchor text

Perlu juga diketahui bahwa Jika Anda mengoptimalkan teks jangkar secara berlebihan, Anda hanya merusak situs web Anda.

Merusak dalam arti ; Ketika Anda menyematkan banyak kata kunci pada satu link tujuan saja.

Sebaiknya, Anda memberikan semua anchor text dengan kata kunci yang sama artinya dan hasilnya Google membeikan peringkat baik untuk situs web Anda lebih dan memposisikan pada tempat tinggi untuk kata kunci itu.

Saat ini, Google sudah sangat pintar untuk memahami bahwa konten memberikan relevansi kata kunci daripada anchor text itu sendiri itu.

Saya beri contoh…..

Judul artikel yang mau ditautkan ” 10 Teknik SEO terbaik ”

Anda hanya perlu membuat anchor text dengan ” Teknik Seo ”

Google sudah paham apa maksud yang Anda tuliskan.

Jadi pastikan anchor text terlihat alami,boleh saja menggunakan kata kunci tapi jangan tambahkan kata kunci yang sama persis..

Strategikan Internal Link Pada konten Anda

Tanpa link, konten Anda tidak dapat dinilai dengan baik, akan di anggap web tanpa navigasi! Dengan strategi internal link yang solid, Anda dapat menunjukkan konten mana yang terkait dan artikel mana yang paling informatif dan bernilai. Jika Anda mengikuti pedoman dalam posting ini, Google dan pengguna Anda akan memahami situs Anda dengan lebih baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan peringkat website Anda.

Terakhir silahkan baca berapa jumlah internal link yang ideal dalam satu postingan..

One Response

  1. […] sebuah postingan dan Anda bertanya-tanya ke posting mana yang akan dihubungkan,Link Internal, Internal Link Untuk Seo Sangat Penting, Anda dapat dengan cepat mendapatkannya ketika Anda menelusuri tag yang Anda gunakan pada postingan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat