Cara Menangani Komentar di Blog Anda

Cara Menangani Komentar di Blog Anda

Cara Menangani Komentar di Blog

Ketika Anda rutin menulis konten di blog anda, orang-orang akan mulai menanggapi apa yang Anda tulis. Mungkin tidak langsung, tetapi ketika blog Anda telah berkembang, Anda harus siap berurusan dengan komentar yang ada di blog Anda. Terutama ketika Anda menulis tentang pandangan atau pendapat mengenai kejadian yang terjadi, beberapa orang mungkin tidak setuju dengan Anda. Singkatnya, Anda harus berurusan dengan tanggapan dan pendapat dari pengunjung website Anda. Tapi bagaimana caranya?

Apakah Komentar di Blog Anda Penting Untuk SEO?

Komentar menambahkan konten ke posting blog Anda. Dan Google mengindeks semua konten di situs web Anda, termasuk setiap komentar di setiap konten blog. Tapi jangan senang dulu, karena Google akan langsung mengenali komentar hanya sebagai komentar. Nilai dari komentar yang mereka berikan akan jauh lebih rendah daripada konten asli dari posting blog. Adanya komentar di blog Anda bukan berarti langsung dapat meningkatkan SEO Anda, tetapi itu akan menghasilkan persentase lebih tinggi dari pengunjung yang kembali.

Lima Jenis Komentar

Komentar yang ditinggalkan orang di blog dapat dibagi menjadi lima jenis:

1. Komentar Positif

Pertama, komentar positif. Beberapa orang hanya ingin mengatakan bahwa mereka menyukai Anda, perusahaan Anda, atau konten blog Anda. Komentar seperti itu memang selalu enak didengar. Cara menangani komentar seperti itu yaitu pastikan untuk membalas beberapa komentar seperti itu (bahkan jika itu hanya ucapan “terima kasih!”) agar orang yang memberikan pujian merasa dihargai.

2. Pertanyaan

Jenis komentar kedua adalah pertanyaan yang dimiliki pengunjung Anda setelah mereka membaca postingan Anda. Mungkin ada sesuatu hal yang mereka kurang mengerti tentang konten blog anda, itulah mengapa mereka mengajukan beberapa pertanyaan.

Menanggapi pertanyaan tersebut tidak begitu sulit bukan? Jika jawaban untuk pertanyaan itu pendek (dan Anda benar-benar tahu jawabannya!), sebaiknya anda langsung membalasnya. Jika pertanyaan lebih sulit dijawab, atau jika perlu penjelasan lebih lanjut, Anda dapat menjadikan pertanyaan tersebut sebagai ide untuk menulis konten baru.

Jika Anda tidak tahu jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pengunjung anda, kami sarankan untuk tetap membalas komentar itu di blog Anda. Anda bisa mengatakan bahwa anda tidak tau jawabannya, atau katakan bahwa anda akan mencari jawabannya dan akan membalasnya di kemudian hari (jangan lupa)

Baca juga : 6 Tips yang Dapat Dilakukan Untuk Menciptakan Ide Blog

3. Komentar Negatif

Jenis komentar ketiga adalah umpan balik negatif. Terkadang, orang tidak setuju dengan apa yang Anda tulis dan terkadang orang tidak puas dengan produk atau layanan Anda. Terkadang anda akan mendapati orang yang kejam dalam meninggalkan komentar negatif. Komentar semacam inilah yang paling sulit ditangani.

Jika komentar di blog Anda benar-benar menyakitkan dan tidak senonoh (mis. Kekerasan atau rasis), saya sarankan Anda menghapusnya. Tetapi, saya tidak akan menghapus komentar dari pelanggan atau pembaca yang tidak puas. Tidak menanggapi komentar seperti ini atau menghapusnya dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri; jika orang tidak puas, mereka akan mengeluh tentang Anda melalui blog orang lain, dan Anda akan terlihat seperti Anda menyensor masalah mereka.

Jadi, betapapun sulitnya, Anda harus mencoba menanggapi komentar mereka dan mencoba menemukan sumber ketidakpuasan mereka. Jika komentator tidak puas dengan produk atau layanan Anda, minta mereka untuk menghubungi melalui telepon atau email untuk menyelesaikan masalah mereka.

Jangan takut diskusi di blog Anda. Diskusi yang bagus di mana ada ruang untuk beberapa sudut pandang bisa menjadi hal yang baik. Ini memberi Anda kesempatan untuk benar-benar menunjukkan kepada audiens Anda keahlian dan pendapat Anda tentang topik tertentu. Selama diskusi itu sopan dan penuh hormat, itu akan menarik pembaca dan membuat mereka kembali ke blog Anda.

4. Komentar di Luar Topik

Terkadang Anda anda akan mendapatkan komentar keempat: di luar topik. Komentar di luar topik tidak harus berupa komentar berkualitas buruk, tetapi, karena tidak terkait dengan topik konten Anda, mungkin sulit untuk menanganinya.

Berhati-hatilah karena komentar di luar topik dapat memengaruhi SEO Anda secara negatif. Bayangkan bahwa seseorang meninggalkan komentar yang sangat panjang pada posting Anda yang tidak ada hubungannya dengan topik konten blog ini. Mesin pencari yang mengindeks konten halaman ini akan melihat komentar itu dan akibatnya mungkin lebih sulit untuk mencari tahu tentang apa halaman tersebut. Jadi, Anda mungkin harus menghapus komentar itu. Tidak hanya karena alasan SEO, tetapi juga untuk diri Anda sendiri.

Bagaimana cara menangani komentar dengan baik komentar di luar topik? Jika Anda memutuskan untuk menghapus komentar di luar topik, Anda dapat menjangkau seseorang dan berkata, “Hei, Anda mengatakan ini dan ini. Saya bisa menanggapi itu, tetapi itu tidak benar-benar terkait dengan posting blog ini, jadi saya telah menghapus komentar Anda.

5. Spam

Dan akhirnya, beberapa komentar hanyalah spam. Orang-orang mencoba menipu pembaca Anda untuk mengklik tautan, seringkali ke sesuatu yang tidak berhubungan, atau mereka hanya menulis omong kosong. Jika filter spam Anda belum memfilter komentar ini, Anda harus menghapus dan memblokirnya secara opsional segera setelah Anda melihatnya. WordPress secara default dilengkapi dengan plugin Akismet, yang dibuat untuk tujuan ini.

Cadangan Waktu Untuk Menangani Komentar

Menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan yang benar dalam suatu diskusi dapat menghabiskan banyak waktu. Pastikan Anda punya banyak waktu untuk memantau dan menanggapi komentar yang Anda terima di blog Anda. Anda tidak harus menanggapi komentar dalam satu jam, tetapi pastikan untuk merespons dalam satu atau dua hari. Ini menunjukkan kepada pembaca Anda bahwa Anda terlibat dan Anda peduli dengan tanggapan mereka.

Itulah beberapa cara menangani komentar. Jika anda memiliki saran lain, silahkan tulis di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat