Beberapa Perubahan Penting Pada Mesin Pencari Google

Beberapa Perubahan Penting Pada Mesin Pencari Google

Beberapa Perubahan Penting Pada Mesin Pencari Google

Ada dua sisi berita menarik yang terjadi di minggu ini, berita besar dan kecil yang sangat Saya sukai terlebih sebagai seorang Blogger. Saya akan membahas beberapa perubahan yang terjadi pada mesin pencari Google

Namun jika diminta untuk memilih Saya lebih menyukai hal kecil, kenapa? Hal-hal kecil yang diberitakan oleh Google jauh lebih bemanfaat bagi Blogger karena menyangkut bagaimana sebenarnya cara kerja mesin pencari Google.

Simak ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

AMP Mampu Meningkatkan Peringkat Website ?

AMP atau Accelerated Moblie Pages seakan menjadi hal yang sangat dibanggakan dan di agung-agungkan oleh google, namun tidak demikian dengan Saya. Kenapa? Saya rasa memang Google terlalu membesar-besarkan hal ini.

Mereka mengatakan jika AMP nantinya “Mungkin” akan mampu meningkatkan peringkat sebuah website dalam hasil pencarian, namun penggunaan kata “Mungkin” dalam pernyataan mereka jelas menciptakan tafsiran yang rancu di kalangan para Blogger.

Apalagi mereka memang sudah terlalu sering menggunakan kata tersebut bahkan dalam hal perubahan Algoritma, sehingga sulit bagi Saya untuk mempercayai bahwa yang mereka katakan memang benar-benar akan berlaku.

Sekarang begini, dalam hal AMP ini jika memang benar-benar diterapkan untuk peningkatan peringkat maka yang akan diuntungkan adalah mereka yang bermain dengan cara tidak bagus misalnya seperti para Spammer.

Sedangkan perusahaan besar? Jelas mereka akan merasakan kerugian besar karena sangat dimungkinkan akan kehilangan peringkat di hasil pencarian.

Kecuali untuk hal HTTPS/SSL jelas Saya mendukung karena tujuannya memang bagus dan tepat untuk diterapkan. Tapi untuk AMP? Jelas Saya tidak setuju.

Fitur Janji Temu Pemilik Bisnis Dengan Konsumen

Sebuah fitur baru yang menarik dan Saya rasa sangat cocok untuk Anda yang memiliki website bisnis dan memang sumber klien Anda berasal dari hasil pencarian.

Misalnya begini, Anda memiliki bisnis Gym atau Yoga dan mengandalkan website untuk menjaring klien. Nah ketika klien Anda menemukan website anda ketika melakukan pencarian maka mereka bisa langsung membuat janji temu melalui hasil pencarian tersebut.

Lupakan cara lama yang mengharuskan klien mencari Nomor kontak atau Email Anda untuk membuat janji temu, dengan fitur ini semuanya akan lebih mudah dan Saya rasa memang lebih efektif.

Namun sayangnya fitur ini belum bisa digunakan untuk semua website, jadi hanya berlaku untuk website yang memang sudah menjadi partner resmi saja.

Tapi jika suatu saat bisa digunakan untuk semua website maka Saya sangat merekomendasikan agar Anda menggunakan fitur ini.

Baca juga : Semua Tentang Google

Penekanan Google Untuk Redirect 301

Google menekankan konsekuensi untuk penggunaan Redirect 301, alur dan resiko yang nantinya akan Anda dapati ketika benar-benar memutuskan untuk melakukannya pada website Anda.

Saya rasa Anda semua sudah paham jika Redirect 301 memiliki tujuan untuk mengalihkan atau mentransfer Value atau nilai domain lama anda ke yang baru.

Dan ketika anda melakukannya maka Google memerlukan waktu yang tidak singkat untuk benar-benar sepenuhnya memindahkan nilai domain lama ke doman baru, bisa berminggu-minggu dan bahkan terkadang sampai berbulan-bulan.

Dan harus anda pahami juga jika anda suatu saat melakukan pembatalan Redirect 301 ini maka akan sangat sulit website anda untuk mendapatkan peringkat yang bagus lagi seperti sebelumnya.

Itu kenapa Google sangat menekankan kepada para Blogger agar berhati-hati dan benar-benar memperhitungkan banyak hal sebeum melakukan Redirect 301 karena sangat berpotensi membuat website Anda kehilangan nilai dan peringkat.

Yang Harus Dilakukan Ketika Terkena Penalti

Google selalu melakukan perubahan pada algoritma mereka dan bahkan dalam suatu update bisa dikatakan mereka sangat brutal dan kejam dengan menghadiahkan penalti kepada website yang dinilai menyimpang dari algoritma baru.

Lalu apa yang akan dirasakan atau didapatkan oleh website yang terkena penalti? Jelas akan kehilangan peringkat dan mengakibatkan penurunan pengunjung yang signifikan.

Lalu apa yang harus dilakukan? Salah satu yang memang disarankan langsung oleh Google adalah dengan memberitahu robot untuk tidak melakukan Index suatu link atau bagian di website anda.

Namun masalahnya bisa jadi link atau bagian website Anda yang tidak sesuai dengan perubahan algortima tidak sedikit jumlahnya. Dan mau tidak mau anda pun harus kehilangan banyak bagian dari website anda.

Jelas jika anda mengalami hal semacam ini maka siap-siap saja akan terjadi penurunan traffic pengunjung yang luar biasa.

Google Lebih Mengutamakan Uang?

Beberapa perubahan Google yang satu ini saya rasa merupakan pertanyaan yang tidak berlebihan, kenapa? Bisa anda lihat dimana pada kueri tertentu dihasil pencarian ditampilkan 4 iklan yang mana sebelumnya Google menetapkan hanya 3 iklan saja.

Jelas ini merupakan kabar buruk dan menakutkan bagi para Blogger, ketika halaman pencarian didominasi oleh iklan maka akan sangat sulit untuk bisa menembus halaman pertama.

Padahal Google sering mengatakan jika Blogger memang dituntut untuk melakukan optimasi yang baik untuk bisa mendapatkan hasil baik dari pencarian organik. Tapi ternyata Google malah melakukan hal yang kontradiktif semacam ini.

Coba anda bayangkan, ada beberapa kueri yang nilai untuk satu kliknya bisa mencapai $10 dan jika pengunjung organik mengklik dari iklan pencarian maka jelas Google bisa mendapatkan uang banyak dengan cepat.

Saya kira tujuan Google menempatkan lebih banyak iklan pada halaman pencarian organik memang untuk tujuan ini, padahal mereka selalu mengatakan kepada Blogger untuk melakukan optimasi sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil organik yang bagus. Betul-betul beberapa perubahan yang terjadi pada Google ini membuat saya bingung

Mana Yang Harus Diutamakan? Robot Atau Pengguna?

Blogger seringkali memang merasa kebingungan dalam hal optimasi, karena setidaknya ada dua hal mendasar yang harus diperhatikan agar otimasinya benar-benar optimal yakni antara robot mesin pencari dengan pengguna.

Lalu mana yang harus diutamakan?

Bahkan sekelas Joh Mueller pun melontarkan kritik dimana isinya mengatakan seharusnya Google bisa menyeimbangkan antara robot dengan pengguna dalam menentukan peringkat sebuah website dalam hasil pencarian, namun tidak bisa dipungkiri ini memang sulit.

Setidaknya pernyataan ini sangat cocok untuk kondisi sekarang…

“Terkadang sangat sulit bagi kita untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi pada mesin pencari”

Namun bagian paling lucu adalah dimana bahkan Google selaku pemilik mesin pencari dengan otoritas tak terbatasnya tidak paham bagaimana suatu website memiliki peringkat bagus meskipun tidak sesuai.

Saya rasa ini memang sepenuhnya akibat perubahan algoritma yang sedang gencar-gencarnya sehingga terkadang terjadi ketidaksesuaian disana.

Itu dia beberapa perubahan penting yang terjadi pada Google, sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat