5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba

5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba

5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba

Banyak pelaku bisnis kesulitan melihat faedah dari SEO, tentu kami mengerti akan hal itu. Strategi SEO yang baik kurang didengung-dengungkan selama ini ke pelaku bisnis. Banyaknya informasi keliru mengenai optimasi search engine yang beredar, juga membuat keputusan untuk melakukan kerja SEO menjadi dipertanyakan. Pertanyaan apa saja strategi seo yang baik? menjadi rutin dipertanyakan pelaku bisnis yang sebenarnya ingin mencoba sendiri strategi membuat SEO, bahkan Informasi yang didapat terkadang outdated.

Selain itu terkadang pelaku bisnis menganggap remeh persoalan SEO karena menganggap meningkatkan reach perusahaan sudah cukup melalui sosial media atau marketing jenis lain yang tidak menggunakan media internet.

Strategi SEO membutuhkan waktu lama untuk menuai hasil positif merangkak ke peringkat atas dalam pencarian dan walau teknik yang digunakan terkesan kurang masuk akal bagi pelaku bisnis non-SEO, percayalah SEO bisa meningkatkan performa perusahaan dalam hal profit serta eksposur.

Pelaku bisnis yang kurang familiar SEO inilah yang terkesan menghindari resiko menggunakan jasa SEO. Tapi realitanya, jika ingin berkembang lebih jauh, resiko adalah keniscayaan. Banyak strategi SEO yang layak dicoba dan ada juga yang sebaiknya dihindari. Asalkan mengetahui kedua jenis strategi ini maka resiko kerja SEO bisa diminimalisir serta mendapat hasil paling semaksimal mungkin.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, mari cermati kalimat berikut: resiko terbesar SEO adalah tidak melakukan kerja SEO. SEO adalah keniscayaan, perusahaan anda akan downgrade jika tidak melakukan kerja SEO.

Strategi SEO yang layak dicoba

1. Mencoba Melakukan Perubahan Kecil Pada Elemen Website

Tujuan SEO adalah mendapat peningkatan jumlah pengunjung, kemudian melakukan monetisasi, dan ini bermula dari klik.

Monetisasi tentunya tidak terjadi jika tidak ada pengunjung. Tapi bagaimana jika pengunjung membludak dari keyword tertentu, rangking website melonjak naik, tetapi tidak ada yang melakukan klik?

Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi dan terkadang membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahui apa yang sebenarnya salah pada website anda.

Dan satu-satunya cara untuk mengetahui kesalahan apa yang mungkin terjadi adalah degan melakukan banyak A/B testing. Anda harus mencoba melakukan testing elemen pada website, baik itu meta title, meta description, konten, penempatan iklan, dan banyak lainnya. Testing tiap elemen tentunya harus dilakukan di waktu yang berbeda untuk betul-betul mengetahui element apa yang sebenarnya saat itu bermasalah.

Strategi ini kelihatannya sederhana saja. Lalu apa yang mungkin salah? resiko apa yang mungkin ditimbulkan?

A/B testing akan memunculkan banyak trial and error untuk menghasillkan panduan elemen tersusun dalam kombinasi yang ideal. Tetapi tentu juga dalam masa trial and error ini ada kemungkin pengerjaan elemen memburuk, mengakibatkan posisi website makin menjauh dan bukannya naik, jumlah trafik makin menurun. Sangat disarankan untuk menyerahkan pada ahlinya, Hubungi kami.

Resiko ini tentu sepadan karena ketika akhirnya mendapat kombinasi dengan hasil terbaik, anda bisa fokus terhadap elemen yang ternyata kurang maksimal tersebut. Kombinasi elemen website yang sempurna akan membawa trafik organik, dengan jumlah yang besar secara berkelanjutan.

2. Merombak Desain Website

Kadang kala desain website perlu diperbarui dan dirancang ulang. Mendesain ulang website membutuhkan waktu lama, rumit, mahal, serta beresiko. Website anda mungkin hanya perlu sedikit perbaikan atau memang harus dirombak ulang.

Lalu bagaimana jika website anda menunjukkan rangking yang baik di Google? Apa masih perlu perombakan desain?

Jawabannya relatif. Banyak yang perlu dianalisa tapi sebaiknya periksakan dulu bounce rate. Karena rasanya percuma saja bila page 1 sudah didapat tapi pengunjung tidak tahan berlama-lama di website anda karena navigasinya menyulitkan atau desain terlalu kuno dan mainstream.

5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba

Pada awalnya mungkin perubahan desain mempengaruhi peringkat di Google. Tapi percayalah jika domain anda punya otoritas yang baik serta elemen SEO tetap terjaga rapi, maka peringkat website anda akan kembali naik ke posisi semula. Google menyadari bahwa terkadang perombakan desain diperlukan guna mengatasi kejenuhan pemilik website. Visitor anda juga pastinya akan terbiasa dengan perubahan yang dilakukan. Selain itu yang terpenting perubahan desain website membawa peluang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak klien. Anda hanya perlu bersabar sebentar.

3. Memberikan Backlink

Tautan balik merupakan bagian vital dari SEO dan tujuan praktisi SEO adalah mendapat backlink berkualitas sebanyak mungkin. Tak cuma menaikkan rangking, backlink juga mambangun otoritas domain. Selama ini anjuran yang dibangun hanyalah sekedar mendapat, bukan memberikan backlink. Padahal, hidup tak selamanya soal menerima ‘kan? terkadang kita harus memberi. Begitu juga dengan strategi SEO.

Lalu untuk apa memunculkan resiko orang lain akan melakukan klik ke website lain, meninggalkan page anda?

Yah tentu ada resiko website anda kehilangan visitor dan bahkan tidak mengunjungi page anda lagi karena menemukan sumber yang lebih baik, tapi di sisi lain website anda menunjukkan ke Google bahwa anda merujuk ke situs terpercaya dengan domain otoritas yang mapan.

Perlu diketahui bahwa page yang menggunakan backlink kualitas rendah, berbahaya, serta spam akan mendapat penalti dari Google. Jadi pastikan link yang anda tautkan di website anda merujuk ke domain terpercaya.

4. Membeli Expired atau Available Domain

Beberapa pemilik website, untuk alasan tertentu tidak memperpanjang domain mereka, membuatnya bisa dibeli orang lain.

Membeli beberapa domain yang mempunyai riwayat, page atau post dan kemudian mengarahkannya ke website anda berpotensi mendapatkan akses backlink dengan kualitas tinggi secara mudah dan cepat. Lebih baik lagi jika domain yang anda beli belum expired dan mempunyai visitor perbulannya.

Walaupun tentu ada beberapa risiko yang mesti diperhatikan, sehingga anda perlu secara spesifik dan teknis mengetahui bagaimana langkah yang tepat.

5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba

Contoh Expired Domain di https://www.expireddomains.net/backorder-expired-domains/

Contoh mudahnya, domain yang dibeli harus mempunyai relasi dengan website yang anda punya. Harus kelihatan betu-betul profesional dan valid. Bayangkan saja jika misalnya anda membeli domain yang mempunyai visitor rutin, lalu visitor tersebut melakukan klik tautan tetapi malahan menuju website bisnis anda yang tidak berkaitan dengan website yang tadi dia baca. Tentu akan membuat frustasi.

Selain itu, expired domain yang dibeli terkadang terisi dengan tautan dan konten spam yang dimana jika anda mencoba mengarahkan website bisnis melalui domain seperti ini, bukannya naik rangking bisa saja turun jauh atau bahkan mendapat penalti.

Walau penuh resiko, strategi ini mempunyai potensi yang sangat besar jika teknisnya dikuasai. Sebaiknya dilakukan oleh praktisi SEO ahli yang sudah terbiasa dengan hal seperti ini. Hubungi kami.

5. Memperbaiki Struktur URL

Idealnya url homepage sebaiknya sederhana dan hanya terdiri dari nama perusahaan, contohnya: www.namaperusahaan.com. Sederhana, pendek, mudah diingat.

Sebaliknya url pages lainnya haruslah menuliskan fokus keyword yang spesifik dengan pembahasan pada page.

Walau demikian, janganlah terlalu berlebihan dalam menulis struktur url. Jika terlalu panjang dan deskriptif, search engine akan menampilkan [….] setelah tanda garis miring

5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba

Jadi mulailah mencoba melakukan perbaikan struktur url, walau terdapat resiko melambatnya crawling, struktur url yang ramping bisa menjadi nilai tambah bagi mesin pencari dan user.

One Response

  1. […] Next Baca…. 5 Strategi SEO 2019 yang Baik Layak Dicoba […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat